Wow, Ternyata Planetarium di Bangun oleh Koperasi Batik

oleh -

SALAH SATU lokasi untuk nonton bareng (NOBAR) Gerhana Bulan Total Rabu (31/1) adalah Planetarium Jakarta. Tahukah kita, ternyata yang membangun Planetarium adalah koperasi, ya Gabungan Koperasi Batik Indonesia (GKBI).

Pembangunan Plantarium Jakarta dimulai tahun 1964, bantuan dana dari Gabungan Koperasi Batik Indonesia (GKBI). Pembangunan di lokasi bekas kebun binatang Cikini ini, menelan biaya 1, 67 milyar rupiah. Bisa dibayangkan berapa nilainya dengan nilai rupiah sekarang ini.
Ketua GKBI Haji Ahmad Djunaid menyatakn ini meurpakan sebuah kehormatan beasr pada GKBI ikut membiaya pembangunan proyek menumental bangsa Indonesia. Jumlah yang harus dibayarkan oleh GKBI terbagi dalam 3 termin yaitu 450 juta untuk tahab pertama tahun 1964. Lalu tahap kedua sebesar 922 juta dan tahap ke III sebesar 298 juta.

banner 740x140

Pemancangan tiang pertama dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 9 September 1964 berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 155 Tahun 1963 yang ditandatangani Presiden pada tanggal 26 Juli 1963. Dari lomba perancangan arsitekturalnya terpilih karya Bapak Ir. Ismail Sofyan, Ir. Ciputra, dan Ir. Brasali dari Perentjana Djaja. (*)

 

penulis : Arief Dirhamsyah