Walikota Buka Pasar Murah Ramadhan

oleh -135 views
banner 340x110 banner 340x150

Kota Pekalongan- Dalam rangka menyambut bulan ramadhan dan idul fitri 1440 Hijriah, Pemerintah Kota Pekalongan menggelar pasar murah ramadhan selama 14 hari. Pasar Murah Ramadhan dibuka Walikota Pekalongan H.M Saelany Machfudz di Kelurahan Noyontaansari, dan Wakil Walikota Pekalongan H. Ahmad Afzan Arslan Djunaid di Kelurahan Klego Selasa (7/5).

Pembukaan ditandai dengan penyerahan secara simbolis paket sembako oleh walikota kepada masyarakat.
Walikota Pekalongan H.M Saelany Machfudz pada kesempatan itu menuturkan bahwa pasar murah ramadhan diselenggarakan untuk stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat dan mengantisipasi dampak kenaikan harga sembako pada bulan ramadhan dan menjelang idul fitri. “ Pemkot menyadari betul biasanya menjelang ramadhan dan idul firti harga sembako cenderung naik, ” tuturnya.

banner 740x140

Ditambahkanya, bahwa pasar murah kerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) ini di adakan selama 14 hari di 27 kelurahan sekota Pekalongan mulai tanggal 7 sampai 29 Mei 2019. “ Setiap harinya di dua titik atau kelurahan,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Saelany, Dalam pasar murah ramadhan ini pemkot menyediakan 10.800 paket sembako dengan harga tiap paketnya 66 ribu. “ Paket sembako ini diantaranya 5 Kilogram beras super premium, 2 Kilogram gula pasir, dan 1 liter minyak goreng. Jumlah harga normalnya 96 ribu, namun pemerintah mensubsidi 30 ribu, jadi warga hanya membayar 66 ribu per paketnya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Pekalongan Betty Dafiany Dahlan menambahkan jumlah paket sembako yang disediakan untuk tahun ini meningkat dibanding tahun lalu.. “ Jadi ada penambahan jumlah paket yang dijual. Untuk tahun lalu 8700 paket dan tahun ini 10.800 paket. Kita maksimalkan tiap kelurahan disediakan 400 paket,” tambahnya.

Betty berharap pasar pasar murah ramadhan ini tepat sasaran yakni bagi masyarakat kurang mampu atau miskin. “ Karena jumlahnya terbatas saya harap yang mendapatkan kupon pasar murah ramadhan ini betul-betul masyarakat tidak mampu/miskin,” harapnya.

Salah satu pembeli warga landung sari, Kelurahan Noyontaansari, Ibu Taryumi mengaku murah dengan harga tiap paketnya. Ia berharap pasar murah ramadhan ini didadakan setiap hari. “ Biasanya beras 5 Kilogram saja sudah 60 ribu. Ini ada gula 2 Kilogram gula pasir dan1 liter minyak goreng hanya 66 ribu, ini murah,” terang ibu yang mengaku janda.(*)

banner 350x350 banner 350x140