TMMD Kembali Digulirkan,Pemkot Ajak Tingkatkan Peran Serta Warga Antisipasi Dampak Bencana

oleh -

Kota Pekalongan – Meski di tengah Pandemi Covid-19, Kolaborasi TNI dan masyarakat tetap produktif dijalankan. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 yang tetap digulirkan. Kegiatan yang mengusung tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” ini menyasar wilayah Kelurahan Poncol, Kecamatan Pekalongan Timur baik melalui program-program fisik maupun non fisik. Acara pembukaan digelar secara sederhana melalui kegiatan penyerahan program TMMD dari Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid,SE, didampingi Wakil Walikota Pekalongan,H Salahudin,STP kepada Dandim 0710/Pekalongan,Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan,SIP dan dihadiri oleh perwakilan OPD dan instansi terkait lainnya, bertempat di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan,Selasa(2/3/2021).

Dandim 0710/Pekalongan, Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan,SIP mengungkapkan bahwa TMMD merupakan program kerja terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

banner 740x140

Sementara itu, Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid,SE mengapresiasi sinergitas yang terus terjalin antar seluruh komponen masyarakat dalam program TMMD ini. Aaf,sapaan akrabnya, juga menekankan sinergitas ini harus terus dipertahankan bahkan dipererat khususnya dalam membangun Kota Pekalongan ke depan yang lebih baik lagi dan menuntaskan permasalahan-permasalahan yang ada terutama permasalahan banjir dan rob yang kerap terjadi di Kota Pekalongan dan membutuhkan penanganan serius.

“Dalam program TMMD Tahap I Tahun 2021 ini didalamnya,salah satunya ada peninggian tanggul untuk bisa memnimalisir dampak banjir di wilayah Kelurahan Poncol. Mudah-mudahan sinergitas antara TNI,pemerintah,Forkopimda dan masyarakat dalam pelaksanaan TMMD ini bisa bermanfaat bagi masyaraakat setelah kejadian banjir di awal tahun ini,semua program pembangunan diprioritaskan untuk penanganan banjir dan rob,” jelas Aaf.(*)

banner 340x110