Tingkatkan Minat Kunjungan di Tahun 2022, Dinarpus Siapkan Sejumlah Strategi

oleh -

Kota Pekalongan – Dalam rangka meningkatkan minat kunjungan ke perpustakaan daerah, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) setempat telah menyiapkan sejumlah strategi baru di tahun 2022. Strategi itu diantaranya dari jam operasional layanan, portal akses perpustakaan digital yang diberi nama Union Catalogue System (UCS), hingga pelatihan maupun workshop.

Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Muhammad Sahlan,SH,MM melalui Sekretaris Dede Umihani,SE,MSi mengungkapkan bahwa, kegiatan-kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat ke perpustakaan yaitu adanya program Union Catalogue System (UCS). Laman UCS ini merupakan portal perpustakaan digital yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Kota Pekalongan untuk mencari bahan pustaka. Menurutnya, masyarakat bisa dengan mudah mengakses portal tersebut dimanapun dan kapanpun pada perangkat smartphone atau komputer yang telah terkoneksi internet. Sampai saat ini sudah ada 18 perpustakaan di Kota Pekalongan yang sudah bergabung dalam perpustakaan digital tersebut.

banner 740x140

“Layanan itu bisa dapat diakses lewat situs web https://ipekalongankota.moco.co.id. UCS ini mengintegrasikan katalog-katalog buku yang ada di beberapa perpustakaan, jadi masyarakat bisa dengan mudah mengakses sumber bacaan/buku tanpa perlu keliling satu per satu ke perpustakaan yang ada di Kota Pekalongan,” tutur Dede, sapaan akrabnya, Jumat (7/1/2022).

Dede menjelaskan, untuk pelayanan perpustakaan kota di tahun 2022 sebetulnya tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, pembedanya di tahun 2021 awal sebelum puncak pandemi Januari-Maret layanannya full dari jam 7 pagi-3 sore, Sabtu dan Minggu buka, layanan perpustakaan keliling full dilaksanakan. Sementara itu, di tahun 2022 ini karena pandemi belum berakhir, maka sementara layanan untuk Sabtu dan Minggu, buka hanya di Hari Sabtu saja, sedangkan di Hari Minggunya untuk kegiatan Pojok Baca yang rencananya dilaksanakan di Lapangan Mataram, dimana tahun 2021 lalu, layanan pojok baca ini memang ditiadakan sama sekali.

Lebih lanjut, Dede menambahkan, saat puncak pandemi di Agustus 2021, Dinarpus sudah membuka layanan kunjungan setiap harinya 20 orang. Saat ini pelayanan jam operasional buka diperpanjang dari semula hingga pukul 14.00 WIB (2 siang) menjadi pukul 15.00 WIB (3 sore) dengan harapan lebih masyarakat yang akan berkunjung ke perpustakaan. Kaitannya dengan layanan perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah, pihaknya mengakui belum akan melaksanakan dalam waktu dekat, namun baru disusun untuk penjadwalan dengan jumlah volume yang lebih banyak dibandingkan tahun 2021 lalu. Saat ini jumlah koleksi buku yang ada di perpustakaan daerah Kota Pekalongan sebanyak 65 eksemplar atau lebih dari 20 ribu judul buku.

“Mari masyarakat berbondong-bondong datang ke perpustakaan dengan prokes ketat, pasalnya layanan sudah kami buka kembali. Tidak hanya itu, ada beberapa langkah yang kami lakukan agar masyarakat bisa mengakses layanan di perpustakaan diantaranya UCS, talkshow/workshop/ pelatihan secara online dan offline yang dilaksanakan di semester 2. Kalau tahun 2021 lalu pelatihannya diantaranya pembuatan hampers, beauty class dan hidroponik. Dari 3 jenis pelatihan itu ternyata banyak yang mengikuti bekerjasama dengan kader-kader PKK Kota Pekalongan, dan pelatihan ini juga terbuka untuk umum sembari kami mengedukasi layanan-layanan yang ada di perpustakaan daerah,” pungkasnya.(*)

banner 340x110