Tingkat Perekonomian Warga Kades Rowobelang Bangun Jalan Usaha Tani

oleh -

Batang – Guna mendongkrak perekonomian warganya terutama petani Kepala Desa Rowobelang, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang berencana membangun jalan sepanjang hampir 400 meter yang menghubungkan dukuh Tembelang dengan Perum Citra Harmoni.
“sebenarnya sudah lama saya merencanakan untuk pembangunan jalan tembus ini namun karena terkendala pendanaan sempat tertunda, dan baru pada ahir tahun 2020 ini saya memulai pembangunan jalan dengan lebar 3,5 meter di kurangi talud kanan kiri dan panjang kurang lebih 400 meter,” ujar Kepala Rowobelang Dul Sipur saat ditemui awak media Kamis (24/12) kemarin di lokasi pembangunan.
Ditambahan pada tahap awal pihaknya akan melakukan pemadatan jalan dan pengurugkan serta pembuatan talud, “karena jalan yang tadinya lebarnya 3,5 meter saat ini ada yang terkikis oleh sawah warga makanya hari saya melakukan sosialisasi dengan sejumlah warga yang sawahnya berbatasan langsung dengan jalan, selain pemadatan dan pembangunan talud pada tahap ini saya juga akan membangun empat jembatan karena jalan tersebut melintasi saluran irigasi pertanian,” paparnya. Ditambahkan oleh Dul Sipur dengan adanya jalan ini nantinya di harapkan para petani tidak mengalami kesulitan untuk mendistribusikan hasil panennya, “selama ini petani terpaksa membawa hasil panen dengan di panggul karena akses jalan yang sulit, dengan pembangunan jalan ini maka petani akan lebih mudah mengangkut hasil panen yang tentunya akan memangkas biaya angkut sehingga para petani lebih makmur,” imbuhnya.
Saat ditanya tentang kendala Dul Sipur mengaku terkendala dengan pendanaan, pasalnya anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 350 juta, “saat ini kami pemerintah desa terkendala tentang pendanaan, karena pada tahun ini saja banyak infrastruktur kami yang tertunda pembangunannya, otomatis tahun depan kami Pemdes Rowobelang harus mengejar pembangunan infrastruktur yang tertunda tersebut, sedangkan Dana Desa nilainya terbatas,” keluhnya.
“Untuk itu kami sangat mengharapkan dari pihak terkait baik dari Pemkab Batang maupun Pemprov bisa dan juga wakil rakyat memberikan kami solusi dengan memberikan bantuan anggaran pembangunan jalan tersebut. Karena kami warga desa Rowobelang sangat membutuhkan terealisainya jalan tembus ini untuk meningkatkan perekonomian warga kami,” tegasnya. (Mit/Red)

banner 340x110