Stasiun Pompa Panjang Baru Timur Siap Dioperasikan

oleh -

Kota Pekalongan – Stasiun pompa Panjang Baru Timur sudah selesai 100% dan siap dioperasikan. Stasiun pompa yang dibiayai melalui APBD tahun 2021 dengan anggaran Rp2,5 milyar ini memiliki kapasitas 500 liter per detik dan mampu melayani wilayah 4 RW yakni RW 5, RW 6, RW 9, dan RW 10 Kelurahan Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPR Kota Pekalongan, Khaerudin ST, Jumat (7/1/2022) saat meninjau Stasiun Pompa Panjang Baru Timur. “Kalau dihitung dari luasan wilayah ini stasiun pompa ini bisa mengatasi genangan air seluas 45 hektar. Adanya stasiun pompa ini kami tujukan untuk mengurangi beban pompa Sipucung karena sebelum ada pompa ini air dari wilayah Panjang Baru yang Timur ini mengalir ke Selatan menuju Stasiun Pompa Sipucung,” terang Khaerudin.

banner 740x140

Disampaikan Khaerudin, adanya stasiun pompa di Panjang Baru Timur ini genangan di empat RW akan mengurangi beban di Sipucung. “Nanti Stasiun Pompa Sipucung dapat konsentrasi menyedot genangan yang ada di Jalan WR Supratman, Jalan Kusuma Bangsa, dan Jalan Yos Sudarso sehingga wilayah yang terlayani surutnya lebih cepat,” jelas Khaerudin.

Khaerudin menuturkan bahwa sebetulnya Stasiun Pompa Panjang Baru Timur ini sudah dapat dioperasikan, namum hari ini kondisi permukiman surut sehingga tidak dioperasikan. “Nanti begitu hujan deras atau kondisi pasang maka pompa segera dioperasikan walaupun nanti untuk peresmian kami masih menunggu dari Walikota Pekalongan,” beberapa Khaerudin.

Menurut Khaerudin efektivitas stasiun pompa baru ini dapat dilihat, air di pemukiman sudah hilang/berkurang drastis. “Stasiun pompa yang baru ini juga kolam retensinya sangat memadai karena luasnya sudah 400 M² dari total lahan 750 M²,” tandas Khaerudin.

Sementara itu, Ketua RW 10, Khamdani menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pekalongan melalui DPUPR Kota Pekalongan karena adanya pemberian bangunan stasiun pompa air yang berada di wilayah RT 2 RW 10 ini. “Harapannya dengan adanya stasiun pompa ini dapat mempercepat berkurangnya genangan yang ada di pemukiman yang berada di wilayah kami,” kata Khamdani. (*)

banner 340x110