Pemkot Gelar Sosialisasi Kadarkum

oleh -81 views
banner 340x110 banner 340x150

Kota Pekalongan – Dalam rangka mewujudkan kesadaran hukum bagi masyarakat, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Bagian Hukum mengadakan Sosialisasi Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Kota Tahun 2019, di Ruang Amarta, Kompleks Setda, Senin (18/3).

Sosialisasi tersebut diikuti oleh Lurah, Camat, OPD dan catur pilar kelurahan se-Kota Pekalongan. Sedangkan sebagai narasumber dari Polresta Pekalongan yang diwakilkan oleh Kasatreskrim Polres Pekalongan Kota, AKP Supardi, Kejaksanaan Negeri Kota Pekalongan, Meisyah, Kasdim 0710/Pekalongan, Mayor Inf Hufron.

banner 740x140

Masing-masing narasumber tersebut memaparkan materi mengenai Pembangunan Budaya Hukum, Peran Pemerintah dalam Mengantisipasi Berita Hoax, serta Konflik Sosial dan Langkah Antisipatif Penanganannya dalam Bingkai NKRI.

Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Hj. Sri Rumingsih yang membuka acara tersebut menyampaikan bahwa betapa pentingnya gerakan sadar hukum dalam berperilaku sehari-hari.

“Sosialisasi Kadarkum (Keluarga Sadar Hukum) ini untuk memberikan pemahaman terkait aturan-aturan dalam masyarakat baik yang tersusun di suatu peraturan maupun di norma-norma masyarakat. Jika masyarakat sadar hukum maka sedikit pelanggaran-pelanggaran sehingga akan semakin tertib kotanya dan akan semakin baik pada sisi pengaturan kota maupun pembangunan,” tutur Sekda.

Sekda juga menekankan pentingnya kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menangkal isu-isu Hoax yang berkembang di tengah masyarakat menjelang Pemilu 17 April mendatang.

“ Kita harus bijak dalam menggunakan media sosial. Saring dulu sebelum di share. Jangan sampai kita ikut ikutan menebarkan informasi atau berita yang belum tentu kebenaranya. Kita jangan sampai terprovokasi oleh berita-berita bohong,” tegasnya.

Sekda menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kondusifitas Kota Pekalongan menjelang pelaksaan pemilu pilpres dan pileg 2019 ini ” Meskipun beda pilihan saya harap masyarakat tetap menjaga kondusifitas Kota Pekalongan, Silahkan gunakan hak pilihnya dengan baik,” Harapnya.

Ditambahkan Kepala Bagian Hukum Setda Kota Pekalongan, Soesilo kegiatan ini sebagai ruang diskusi antara pemerintah dengan masyarakat untuk menambah wawasan kesadaran hukum agar Kota Pekalongan semakin aman, tenteram dan kondusif.

“Kadarkum yang biasanya kami adakan di kelurahan, kami tingkatkan juga di tingkat kota. Harapannya disamping memberikan pemahaman juga sebagai ruang diskusi antara pemerintah dengan masyarakat terkait ketertiban, keamanan menjelang nanti pada saat pemilu kondisi Kota Pekalongan bisa senantiasa tenteram, kondusif, sesuai dengan pilihan masing-masing,” terang Soesilo.(*)

banner 340x140 banner 350x140