Pemkot Bangun RPH Baru

oleh -
banner 340x110 banner 340x150

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan sedang membangun Rumah Pemotongan Hewan (RPH) baru di Kompleks Kantor Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan di lahan seluas dua hektare. RPH yang sedang dibangun mulai tahun ini ditargetkan selesai pada tahun 2020 dengan kapasitas pemotongan 15 ekor per hari. Wakil Walikota, HA Afzan Arslan Djunaid SE meninjau progres pembangunan RPH disambut Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Zainal Hakim SH MHum di Kantor Dinperpa Kota Pekalongan, Selasa (8/10/2019).

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Zainal Hakim SH MHum mengungkapkan bahwa adanya RPH baru ini relokasi dari RPH Panjang Wetan agar RPH yang ada nantinya lebih memenuhi syarat. Untuk pembangunan RPH baru dilakukan secara bertahap, saat ini sudah dilakukan mulai dibangun. RPH yang sudah memenuhi persyaratan hygiene sanitasi dan prosedur penyembelihan yang benar akan memiliki sertifikat yaitu Nomor Kontrol Veteriner (NKV), otomatis daging yang dihasilkan di RPH tersebut terjamin keamanannya.

banner 740x140

“Pemkot Pekalongan telah memberikan solusi, saat ini di Kawasan Dinperpa Kota Pekalongan RPH Terpadu berbasis pelayanan kepada masyarakat. Penyembelihan ini berbasis elektrik sehingga hiegenis, sehat, dan halal,” terang Hakim.

Pemotongan di luar RPH pada dasarnya dilarang dan melanggar undang-undang, Hakim berharap masyarakat Kota pekalongan dapat memanfaatkan RPH yang ada. Pembangungan RPH baru ini merupakan salah satu upaya pelaksanaan aturan UU no 41 Tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan, yang salah satunya telah ditindaklanjuti dengan disahkannya Perda nomor 4 Tahun 2018 tentang Pelayanan Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Usai meninjau pembangunan RPH, Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djuanaid SE berharap agar RPH ini nantinya minimal semi modern dengan ruangan yang bersih. “Tempat pemotongan juga harus semi otomatis sehingga tidak menyakiti sapi atau hewan lainnya yang dipotong,” ungkap Afzan.

Afzan menekankan bahwa usai pemotongan, bekas darah dan isi perut nantinya tidak dibuang sembarangan tapi dimanfaatkan menjadi jadi pupuk. Selain itu, masyarakat Kota Pekalongan dapat memanfaatkan RPH di sini untuk memotong sapi atau hewan lainnya.

banner 350x350 banner 350x140