Pasangan Lansia Deman dan Wasri Sudah Masuk Data Bantuan

oleh -

Pekalongan – Terkait beredarnya kabar adanya pasangan lansia yang belum pernah mendapatan bantuan bahkan ditengah masa pandemix Corona ini, Kepala Desa (Kades) Kaibahan Sri Puji Erwani dengan didampingi Camat Kesesi Adjid Suryo menjelaskan, “sebenarnya mereka sudah kami ajukan untuk mendapat bantuan dari propinsi, namun memang sampai saat ini dana tersebut belum cair,” ujanya saat ditemui awak media Selasa (26/05) kemarin. Untuk itu kades berinisiatif dengan memberikan bantuan perluasan dari Pemkab Pekalongan berupa sembako.
“Sebenarnya mereka kemarin sudah mendapatkan bantuan berupa sembako, namun memang untuk PKH mereka tidak tercatat, karena yang melakukan pendataan bukan dari pihak desa. Jika memang nanti belum turun juga, kami akan mengajukan bantuan untuk mereka dari BLT dana desa,” paparnya.
Sementara itu, Camat Kesesi Adjid Suryo menambahkan “sebenaranya untuk tahun 2019 ahir kemarin seluruh desa di kecamatan Kesesi khususnya dan Kabupaten Pekalongan, termasuk Kaibahan sudah melakukan verifikasi data kemiskinan. Mereka yang tidak mampu dan belum terdata diusulkan untuk masuk dan ada evaluasi bagi mereka yang tercatat namun pada kenyataan dilapangan sudah mampu akan diganti datanya,” ujarnya. Namun memang kenyataanya hingga saat ini data tersebut belum terealisasi “memang ada beberapa warga yang sudah kami usulkan ke pusat yang mungkin datanya terselip,” imbuhnya.
Terkait dengan adanya wabah Corona ini Adjid mengatakn sebernarnya memang ada peraturan tertentu yang mengatur, namun baik dari pihak desa dan kecamatan sudah berusaha untuk “dengan adanya wabah Covid ini sebenarnya dari pemerintah desa menyikapi bantuan pusat maupun propinsi karena adanya aturan yang harus kita patuhi. Namun kami berusaha bagi warga yang memang dipandang perlu mendapatkan bantuan untuk segera mendapatkan bantuan,” tandasnya. Masih menurut Adjid kerana data mereka sudah masuk ke propinsi maka pemerintah desa mensikapi dengan memberikan bantuan berupa dari Kabupaten, “karena data sudah masuk ke propinsi maka pemerintah desa mensikapinya dengan memberikan bantuan dari kabupaten Pekalongan berupa sembako,” lanjutnya. Ditanya lebih lanjut tentang bentuk bantuan yang akan cairkan dari propinsi camat Kesesi mengaku belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari Dinas Sosial.
Sebelumnya beredar informasi adanya pasangan lansia yakni Deman (75) dan istrinya Wasri (60) yang belum pernah mendapatkan bantuan baik dari Pemkab maupun dari pusat bahkan saat wabah Corona ini mereka belum mendapatkan bantuan sama sekali, padahal kondisi kehidupan mereka sangat memprihatinkan, tinggal di gubuk reot dan tidak mempunyai penghasilan tetap. (Mit/Red)