Nikmati Beragam Kuliner di Festival Kuliner Pekalongan

oleh -

 

Kota Pekalongan – Festival Kuliner Pekalongan 2019 akhirnya digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Jetayu Kota Pekalongan sejak Kamis (19/9/2019) sampai dengan Minggu (22/9/2019). Berkesempatan hadir membuka acara Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid Se didampingi isteri, Hj Inggit Soraya pada Kamis malam disaksikan ratusan pengunjung.

banner 740x140

Menurut Wakil Walikota Afzan, Fetival Kuliner Pekalongan ini bisa dikatakan sukses melihat pada hari perta festival animo masyarakat begitu tinggi. “Luar biasa antusias dari tiap-tiap stand menyajikan menu andalannya juga para pengunjung yang datang untuk menikmati beragam jenis makanan. Bisa kita jumpai di sini makanan lokal, masakan Jepang, Korea, dan sebagainya mulai seafood, ayam, daging, dan banyak lagi,” tutur Afzan.

Melihat stand-stand di Festival Kuliner Pekalongan tahun 2019 ini, Afzan mengatakan, di sini paling banyak makanan dan minuman kekinian. Tentu ini menjadi PR untuk panitia untuk mengikutsertakan kuliner khas Pekalongan semacam uwet, tauto, dan garangasem. “Harapannya festival kuliner ini menggandeng kuliner lokal yang khas sehingga bisa dijadikan target destinasi wisata. Festival yang pertama ini sudah sukses, semoga ke depannya lebih baik dan besar lagi serta menggandeng kuliner khas Pekalongan agar ke depannya mampu menarik wisatawan domestik ataupun mancanegara,” kata Afzan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Kuliner Pekalongan, Oky Purnamandalu mengungkapkan bahwa ada 60 stand yang turut dalam festival ini. Festival yang berkontep gabungan outdor dan indoor ii juga melibatkan food truck di sayap kiri GOR Jetayu. “Yang mengisi stand ini tak hanya dari Pekalongan tetapi juga dari lingkungan sekitar Pekalongan, Tegal, Pemalang, Semarang, Solo, dan Yogyakarta,” terang Oky.

Oky mengaku belum bisa menggandeng kuliner khas Pekalongan untuk festival kali ini, harapan ke depannya ada kuliner khas yang dapat andil di festival. “Kami memiliki target untuk melangsungkan festival kuliner ini setahun dua kali. Setalah festival yang ini kami akan merencanakan festival kuliner dengan mengusung konsep outdoor dan menggandeng kuliner khas pastinya,” tukas Oky. (*)

banner 340x110