Mohammad Saleh : StartUp Ecommerce Enabler Bantu Pelaku Usaha

oleh
banner 340x110 banner 340x150

PEKALONGAN – Sesuai dengan harapan Menteri Perindustrian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tentang pengembangan industri berbasis teknologi, caleg Golkar untuk provinsi Jawa Tengah, Mohammad Saleh ST, berinisiatif untuk mengembangkan startup digital yang bertujuan untuk membantu pelaku usaha dalam memasuki era digital.

Kepada infosekitarpekalongan.com Rabu (13/3/2019) Saleh menjelaskan ini dilakukan karena adanya keluhan para pedagang pasar terkait sepinya pembeli.

banner 740x140

“Nah, saat ditanya apakah sudah mencoba melakukan pemasaran online, mereka nggak tahu gimana caranya dan harus menggandeng siapa juga bingung,” ujar Mohammad Saleh.

Caleg DPRD Provinsi Jateng ini sedang mengupayakan StartUp Ecommerce Enabler, yakni semacam usaha berbasis digital yang akan membantu para pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya di dunia ofline dan online.

Dia telah membuat gerakan digital di internet. Terbuka untuk siapa saja, terutama untuk warga di dapilnya batang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, dan Pemalang yang mau bergabung.

Pelaku usaha yang mau bergabung, yang tidak punya toko online di marketplace channel, tidak punya social media untuk jualan, tidak punya website store, nantinya akan didampingi, diajari untuk membuat akun.

“kalau mereka nggak sanggup ngurus nanti ada tim yang menghandle,” jelas Mohammad Saleh. Untuk memproyeksikan ide ini, dia telah bekerjasama dengan beberapa pelaku StartUp yang sudah melakukan riset dan trial di bidang ecommerce selama hampir dua tahun ini. “sekarang kan jamannya kolaborasi,” Lanjut Mohammad Saleh.

Saleh menambahkan kemajuan zaman bukan untuk dilawan, tapi justru harus dijadikan kawan, maka para pedagang, politisi, dan pelaku kreatif harus mau membangun kolaborasi dalam memanfaatkan perkembangan teknologi digital dalam promosi.

Gambaran Mohammad Saleh ST mengenai program Ecommerce Enabler ini cukup unik dan visioner, karena mencoba untuk mengkombinasikan proses manajemen bisnis dari hulu ke hilir.

Jika gerakan digital ini animonya tinggi, maka proyeksi ini akan ditindaklanjuti lebih jauh. Ia berpatokan seperti luar negeri, karena model bisnis seperti ini sudah berjalan di Singapura dan Thailand. (*)

banner 340x140 banner 350x140