Matematika dan Kesemestaan By Ribut Achwandi

oleh -140 views
banner 340x110 banner 340x150

Bermatematika itu tidak sekadar mempersoalkan angka-angka, melainkan pula berbicara tentang banyak hal. Tentang bagaimana mengatur lalu lintas, pengaturan debit air pada sungai-sungai agar tidak terjadi suatu wilayah yang berlebihan debit airnya maupun ada yang kekeringan. Juga membicarakan olahraga, musik, dan sebagainya. Intinya, bermatematika itu suatu latihan untuk mengenali pola di dalam membuat rancangan sebuah sistem yang dapat digunakan manusia di dalam menyelesaikan masalah-masalah kehidupan.

Bahkan, sebagaimana telah diungkapkan oleh banyak tokoh, ada banyak hukum alam yang kemudian sangat mempengaruhi matematika. Sehingga, rumus-rumus matematika pun pada dasarnya tidak lepas dari apa yang muncul di alam raya ini sebagai fenomena.

banner 740x140

Dalam sejarahnya, banyak di antara tokoh-tokoh matematika justru menemukan teorema mereka itu atas dasar perenungan mereka terhadap fenomena alam. Mereka memikirkan satu kejadian alam yang kemudian dicari polanya dan diterjemahkan dengan bahasa yang khas, yaitu rumus.

Jadi, sebenarnya belajar matematika itu juga belajar tentang alam semesta. Belajar tentang gejala alam.

#ndleming
#sinaumatematika

banner 350x350 banner 350x140