HUT Satpol dan Linmas, Wagub Yasin Tekankan Kesiapan dan Keamanan Pemilu

oleh
banner 340x110 banner 340x150

Kota Pekalongan – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen memimpin gelar pasukan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-57 Perlindungan Masyarakat (Linmas) tahun 2019 se-Jawa Tengah yang diselenggarakan di Kota Pekalongan, Kamis (21/2/2019). Pada peringatan yang mengusung tema Merawat Bhineka Tunggal Ika demi Indonesia ini Yasin menyampaikan pidatonya dengan Bahasa Jawa di hadapan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), bupati dan walikota se-Jawa Tengah, dan anggota Satpol PP dari berbagai penjuru Jawa Tengah.

Usai memimpin upacara, Wagub Yasin menekankan peran serta dalam Pemilu 2019 dan penekanan siskampling untuk menjaga keamanan. “Akhir-akhir ini ada yang menebar teror pembakaran kendaraan milik masyarakat yang terjadi di Semarang, Kendal, dan Temanggung, ini harus kita lawan bersama dengan meningkatkan kewaspadaan dan menggiatkan siskampling. Saya minta kepada daerah di seluruh Jawa Tengah untuk mulai menggerakkan siskampling untuk melindungi masyarakat dari gangguan dan masalah di lingkungannya,” terang Yasin.

banner 740x140

Menurut Yasin tak hanya teror, suhu politik menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 ini harus dijaga kondusivitasny. Adanya rapat umum yang melibatkan banyak massa jangan sampai menimbulkan gesekan. “Maka bersama forkopimda dan penyelenggara pemilu kita lakukan antisipasi perpecahan pada pileg dan pilpres agar berjalan aman, lancar, tertib, dan damai. Jaga diri dan jangan mudah terprovokasi akibat ujaran-ujaran yang memunculkan polemik. Saya berharap anggota Salpol PP dan Linmas terus melakukan koordinasi dan komunikasi bersama TNI dan Polri,” ungkap Yasin.

Yasin meminta anggota Satpol PP dan Linmas untuk menjaga netralitas dan profesionalitas dalam pemilu, menghindari adanya intervensi politik, pengotakan, dan ketidaknetralan. Selain itu, pemerintah diharuskan netral, tidak membeda-bedakan pelayanan atau tidak ada diskriminasi pelayanan.”Berbarengan monggo (bersama mari) menjaga keamanan dan ketertiban di Provinsi Jawa Tengah, bulatkan tekad, agar Pemilu 2019 jujut, adil, bermartabat, dan menggembirakan,” ajak Yasin.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE mengomentari permintaan Wagub Yasin, terkait siskampling, di Kota Pekalongan akan mulai digiatkan lagi, koordinasi dan kesiagaan akan terus dilakukan, dan mulai menjalin kerekatan dengan masyarakat.

Menjadi tuan rumah dalam perayaan HUT Satpol dan Linmas se-Jawa Tengah ini menjadi kebanggaan luar biasa bagi Pemerintah Kota Pekalongan. “Sebanyak 3.000 orang hadir di Kota Pekalongan ini menimbulkan dampak positif untuk perekonomian di Kota Pekalongan, hotel penuh, kuliner dapat berkah, dan batiknya semakin laris,” tandas Saelany.

Suatu prestasi bahwa Kota Pekalongan berhasil meraih Juara III Kader Siaga Tramtib tahun 2019 Tingkat Jawa Tengah setelah tahun 2018 Juara harapan III. (*)

banner 340x140 banner 340x140