Bukan Pesaing PGRI, Arif Pimpin IGI

oleh
banner 340x110 banner 340x150

PEKALONGAN – Arif Muadilin ditetapkan sebagai Ketua Pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Pekalongan. Hal itu usai Sekjen IGI Mampuono melantik dan ambil sumpah pengurus IGI Kota Pekalongan Senin (7/1) kemarin. Hadir dalam pelantikan tersebut sedikitnya 100 guru yang tersebar di semua sekolah di Kota Batik.
Kepala Dinas Pendidikan Suroso atas nama Walikota mengatakan bahwa IGI Harus Fokus pada misi organisasi yaitu Pelatihan keprovesionalan guru dan diwujudkan melalui produck hasil pelatihan tersebut.
Suroso menegaskan IGI juga harus segera berkoordinasi pada PGRI agar terjadi kesalahpahaman atau adanya persaingan sesama organisasi profesi. “Jika semua bisa sinergi tentu bakal menjadi sebuah kekuatan yang dapat pertahankan harkat dan martabat Guru.”
Usai pelantikan digelar workshop dengan menampilkan nara sumber Ketua DPRD Balqis Diab, Indra Charismiadji dan Mampuono. Balgis menyampaikan diera milineal guru harus paham akan STEM.
STEM adalah pembelajaran keterpaduan dari Science, Technology, Engineering and Mathematics. Di banyak negara negara lain sudah melakukannya di negara sebagaimana Australia didalam pengajaranya anak Tingkat SMP dituntut untuk membuat produck jembatan. Pembelajaran Membuat jembatan terdapat mata pelajaran matematik karena harus menghitung banyaknya rangka rangka jembatan, Art (keseniannya) dan teknologi printer 3 dimensi. Ada juga seperti di singapura terdapat Pertanian dengan menggunakan rekayasa bertingkat. Konsep pertanian ini mampu menghemat pengairan hingga 95 %.
Sementara Indra Charismiadji menyampaikan bahwa saat ini ada istilah Menemu Baling (menulis dengan buku membaca dengan telinga). Dan peserta disuguhi adanya aplikasi Menemu Baling peserta di tuntun untuk mengatakan sebuah kalimat dengan mulut yang didekatkan dengan Smartphone. Perkataan dari mulut tersebut diterjemahkan dalam bentuk tulisan melalui aplikasi tadi. Adapun aplikasi ini dilengkapi dengan gambar yang dapat upload sehingga lebih lengkap. Pelatihan ini dilanjutkan dengan sistem online.
Berikut susunan pengurus IGI Kota Pekalongan
Ketua : Arif Muadilin, M.Pd.
Wakil Ketua I : Khofifah, S.Pd
Wakil Ketua II : Nuruz Zaidah S.Ag., S.Pd.I.
Wakil Ketua III : Ary Sulistiyowati S.
Wakil Ketua IV : Istikomah,S.Pd.AUD
Wakil Ketua V : Dharwanto
Sekretaris I: Maulidi S.Pd.I
Sekretaris II: Agus Riyanto SH
Wakil Seketaris : Rusdi Pratama
Bendahara : Riyadhul Badi’ah S.Pd
Wakil Bendahara :Desi Ariyanti. S.Pd
Bidang – Bidang:
1. Organisasi dan keanggotaan:
Ketua : Uswatun Khasanah, S.Pd.I.
Anggota Musdalifah S.Pd.I
2. Peningkatan mutu guru dan Pendidikan:
Ketua : Yunita Hindrayani, S.Pd.
Anggota Harini S.Pd.I
3. Hubungan Kerjasama antar lembaga:
Ketua : Sari Yuliastuti, M.Pd.
Anggota Dede Candra Maya S.Pd
4. Media Teknologi Informasi dan Komunikasi:
Ketua : Lulu Uzzumarroh S.Pd.SD
Anggota Dumilah, S.Pd (*)

banner 340x140 banner 340x140