Berbagi Kebahagiaan Idul Adha, Pemkot Serahkan 3 Ekor Sapi di Masjid Al-Ikhlas

oleh -
banner 340x110 banner 340x150

Kota Pekalongan – Sebagai bentuk berbagi kebahagiaan, Pemerintah Kota Pekalongan menyerahkan 3 ekor sapi untuk berkurban pada Perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Walikota Pekalongan, H.M. Saelany Machfudz, S.E., didampingi Para Kepala OPD kepada Ketua Takmir Masjid Al-Ikhlas setempat di Halaman Masjid untuk segera disalurkan, Ahad (11/8/2019).

Saelany menyampaikan bahwa tradisi berkurban ini merupakan sebuah bentuk pengorbanan dan peningkatan taqwa kepada Allah S.W.T Disamping itu, melalui berkurban ini akan tercipta kepedulian kepada masyarakat khususnya yang membutuhkan.

banner 740x140

“Alhamdulillah orang yang berkurban saat ini meningkat. Ini merupakan berkah bagi kita semua. Sebagaimana disampaikan tadi bahwa Idul Adha ini adalah suatu pengorbanan, untuk meningkatkan taqwa kita kepada Allah S.W.T dan memupuk rasa kepedulian kepada masyarakat,” ucap Saelany.

Saelany berharap dalam mentasyarufkan hewan kurban untuk dapat didistribusikan dengan benar dan sesuai target.

“Mudah-mudahan bisa amanah hewan yang kami salurkan ini kepada Masjid Al-Ikhlas dan dapat didistribusikan sesuai yang kita harapkan serta membawa keberkahan bagi kita semua Masyarakat Kota Pekalongan,” jelas Saelany.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan, Ilena Palupi S.Pt,M.Si., yang juga mendampingi melakukan pemantauan hewan sebelum disembelih, menuturkan, Dinperpa telah menerjunkan tim pemantau hewan kurban sebanyak 25 orang yang terbagi dalam beberapa wilayah Kota Pekalongan.

“Mereka telah mulai melakukan sejak 1 Juli untuk memantau di tempat penampungan hewan. Kemudian, pada tanggal 9 hingga hari ini memantau kesehatan hewan sebelum disembelih (antemortem) diseluruh masjid dan mushola yang ada di wilayah Kota Pekalongan,” papar Ilena.

Selain itu, lanjut Ilena, pagi ini hingga tiga hari ke depan, pihaknya juga tetap memantau proses penyembelihan penanganan daging kurban serta mensosialisasikan penyembelihan daging kurban yang sesuai syariat Islam (kehalalan) dan aspek ihsan (kebaikan untuk hewan ternak) sebelum disembelih agar tidak stress dan imbauan berdasarkan Surat Edaran Walikota mengenai larangan menyembelih hewan kurban betina produktif.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Al-Ikhlas Jetayu, Abu Almafahir menerangkan Masjid Al-Ikhlas menerima titipan hewan kurban sebanyak 25 ekor hewan terdiri dari 7 ekor sapi titipan dari masyarakat, 3 ekor sapi dari Pemkot Pekalongan, 1 ekor sapi hibah dari BRI, dan 14 ekor kambing. Menurutnya, jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 6 ekor sapi dan 7 ekor kambing.

“Kami sudah siapkan kupon sebanyak 2005 kupon untuk untuk sistem pendistribusian daging kurban agar terkoordinir dengan baik dan disalurkan ke sejumlah jamaah pengajian masjid, masyarakat di daerah minus (rob) dan disekitar lingkungan masjid,” pungkas Abu. (*)

banner 350x350 banner 350x140