Antisipasi Virus Corona, PMI Kota Pekalongan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

oleh -

 

Kota Pekalongan – Guna pencegahan penyebaran virus corona, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekalongan melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum di Kota Pekalongan mulai hari ini, Selasa (17/3/2020). Lokasi yang menjadi sasaran kali ini yakni Markas PMI Kota Pekalongan, Masjid Abdullah Hinduan SMP Ma’had Islam Kota Pekalongan, dan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Pekalongan.

banner 740x140

Hal ini disampaikan Ketua Satgas Covid-19 PMI Kota Pekalongan, Muhammad Akhi Falakhi SKom usai bertuga. “Kegiatan penyemprotan disinfektan ini baru dilakukan hari ini, petugas yang diterjunkan sebanyak 10 orang. Penyemprotan dilakukan mulai dari kursi, kamar mandi, gagang pintu, mushola, dan sejumlah ruangan lainnnya,” terang Falakhi.

Penyemprotan diisfektan pada fasilitas umum harus dilakukan agar steril seperti di UDD PMI ini. Untuk yang di SMP Ma’had Islam ini berdasarkan permohonan. “PMI Kota Pekalongan menerima pelayanan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum, rumah warga, instansi, atau perusahaan untuk pencegahan virus corona. Ini hanya perlu membuat surat permohonan,” ungkap Falakhi.

Adapun mekanisme permohonannya yakni pemohon membuat surat permintaan spraying dinsinfektan ke markas PMI Kota Pekalongan, yang nantinya akan ditindaklanjuti secara cepat oleh PMI Kota Pekalongan. “Untuk rumah teknisnya dengan RT RW setempat. Terkait biaya jika itu fasilitas umum seperti masjid, stasiun, sekolah, dan terminal gratis. Jika itu perusahaan mengganti biaya disinfektan,” pungkas Falakhi.