Aksi Pasangan Anggota Dewan Turun Langsung Salurkan Bantuan Korban Banjir

oleh -

SIWALAN – Aksi pasangan anggota DPRD Kabupaten Pekalongan fraksi PAN, Candra Saputra – Shinanta Previta Angreani, tak perlu di ragukan lagi Selasa (19/01/2021) turun langsung memberikan bantuan untuk korban banjir. Bantuan berupa logistik diberikan kepada ribuan warga yang tinggal di sejumlah desa.

Bantuan logistik berupa beras, mie instan dan nasi bungkus dibagikan kepada warga pertama dibagikan kepada warga Desa Tengeng Wetan Kecamatan Siwalan. Tercatat dalam banjir kali ini ada sekitar 500 an rumah dan ada 700 an Kepala Keluarga yang menjadi korban. Dalam pembagian tersebut Candra Saputra selalu Ketua MPC Pemuda Pancasila dikawal langsung oleh puluhan anggota. Pengurus Pemuda Pancasila Kabupaten Pekalongan dalam kesempatan itu ikut memberikan bantuan kepada warga korban banjir.

Usai pembagian logistik kepada warga di depan Balai Desa setempat, dilanjutkan pembagian kepada warga Dukuh Grabyak Desa Pait, Kecamatan Siwalan. Setelah dibagikan kepada warga, bantuan dilanjutkan kepada warga Dukuh Bogor Desa Depok Kecamatan Siwalan.

Pembagian bantuan kemudian dilanjutkan kepada korban banjir di Desa Blacanan Kecamatan Siwalan. Adapun bantuan secara simbolis diberikan kepada Kepala Desa Blacanan Kecamatan Siwalan, Turmudi.

Selain memberikan bantuan kepada warga di wilayah Pantura, Pasangan Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan juga memberikan bantuan kepada warga korban banjir di Desa Sijeruk dan Desa Sumub Lor Kecamatan Sragi. Adapun dua Desa tersebut tercatat ada ratusan rumah terdampak banjir karena limpasan air sungai dan saluran drainase yang kurang maksimal.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Pekalongan, Candra Saputra mengatakan dengan adanya cuaca ekstrem beberapa hari terakhir dirinya mendapatkan informasi banjir ada di Kecamatan Siwalan dan Sragi. Dengan musibah tersebut sebagai wakil rakyat pihaknya langsung turun ke lokasi banjir.

“Saya bersama istri kebetulan sebagai wakil dapil tiga dan istri dapil dua hari ini kita keliling untuk meninjau banjir secara langsung. Selain memberikan bantuan kepada korban banjir, kita juga mengetahui kondisi yang ada, ” ungkapnya.

Diakui dari pantauan lokasi, ternyata banyak sekali faktor penyebab banjir. Di antaranya memang tingginya curah hujan dan yang kedua adanya limpasan air sungai di area sekitar. Kemudian adapula karena dampak dari tol karena drainasenya itu terhambat sehingga membuat banjir.

“Untuk itu nanti akan kita ajukan anggaran untuk memberikan solusi terutama yang drainase agar ada penanganan dari pemerintah Kabupaten. Terkait yang lain memang ada sungai yang butuh diperbaiki ataupun dinormalisasi sehingga air bisa tuntas,” katanya.

Seorang ibu rumah tangga penerima bantuan, Pujiati (32) warga Desa Depok Siwalan mengaku berterimakasih dengan bantuan dari anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Candra – Shinanta. “Kami menyampaikan terimkasih diberi bantuan, karena sudah satu bulan lebih terkena banjir, dan untuk kali ini yang paling tinggi, ” ungkapnya. (Red)

banner 340x110