Upaya Pemkot Atasi Kemiskinan, Dengan Cara Apa???

oleh

PEKALONGAN – Kelompok ibu-ibu keluarga miskin di Kelurahan Panjang Wetan dan Padukuhan Kraton Kecamatan Pekalongan Utara, mendapatkan bantuan 10 set peralatan jasa Catering oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah di Aula kantor Kelurahan panjang Wetan Kota Pekalongan, Senin (29/10).

Acara dibuka oleh Walikota Pekalongan yang diwakili oleh Gunindyo selaku Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, sementara dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah diwakili Cicik Suyati selaku Kasi Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Dinsos Provinsi jawa Tengah.

Menurut keterangan Cici yang juga selaku Koordinator program Dinsos Provinsi Jawa Tengah bahwa upaya ini untuk mendorong Kelompok Usaha Bersama keluarga miskin dalam meningkatkan spiritpreneur warga Kota Pekalongan.

Ditambahkan Cici bahwa bentuk bantuan yang diberikan bervariasi, sesuai dengan kebutuhan berdasarkan proposal yang telah diajukan ke Dinas Sosial Propinsi Jawa Tengah. Kelompok usaha bersama kelurahan panjang wetan dan kelurahan padukuhan Kraton dipilih karena dari proses verifikasi dan validasi (Verval) telah dinyatakan layak untuk dikembangkan. Penerima juga telah lolos dalam seleksi dari tahapan-tahapan hingga Verbal.

Kasie Penanganan Fakir Miskin Perkotaan dari Dinas Sosial Propinsi Jawa Tengah ini berharap bantuan yang diberikan dapat mengurangi angka kemiskinan. Terutama bagi wanita yang dikategorikan dalam Keluarga Rawan Sosial Ekonomi (KRSE).

Sedangkan Gunindyo Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan dalam sambutannya mewakili  Walikota menyampaikan, bahwa dari jumlah penduduk Kota Pekalongan saat ini sebanyak 300.000 jiwa terdapat sebanyak 33.280 rumah tangga sasaran yang merupakan keluarga miskin dan untuk membangun kondisi ekonomi mereka bantuan dari Dinsos Provinsi Jawa Tengah ini diharapkan dapat menjadi stimulan pergerakan kondisi ekonomi dan sosial warga.

Diterangkan Gunindyo, bahwa Wanita yang dimaksud rawan sosial ekonomi merupakan tulang punggung keluarga. Hal ini pada umumnya terjadi karena suami dalam kondisi sakit menahun atau hal lain yang menyebabkannya harus bekerja ekstra bagi keluarga. KRSE dalam 1 (satu) lokasi / kecamatan bisa terdapat 10 KUBE untuk 2 (dua) kelurahan atau desa dengan jumlah peserta 10 orang dapat menerima bantuan sebesar 10 juta dalam bentuk barang dan termasuk dalam kategori keluarga miskin dalam BDT usulan dari Kabupaten / Kota.

Tujuan pemberian bantuan Pemerintah Provinsi Jawatengah dalam mengembangkan KUBE supaya menambah daya saing dalam usaha bersama sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dengan bersama meningkatkan perekonomian. Lebih dari itu, terciptanya kemandirian dan keluar dari kemiskinan. (*)