Sharing Bisnis Ala Pengusaha Muda Pekalongan

oleh

Dengan semakin kompleksnya permasalahan bisnis yg dihadapi oleh pengusaha terutama di era persaingan yg terbuka ini IIBF (Indonesian Islamic Bussines Forum ) mengadakan sharing bisnis dengan pembicara H. Syamsul Huda, pengusaha handycraft dan batik, hari Ahad (6/5).

Diskusi dilaksanakan di RM Pande Rasa jl. Imam bonjol, pekalongan. Diikuti 50 pengusaha pekalongan dan sekitarnya.

Kaji Huda, sapaan akrab H. Syamsul Huda, menjelaskan bahwa bisnis harus dilandasi oleh restu orangtua, layaknya seorang yg ingin menikah, selalu minta doa restu. Kemudian Kaji Huda memaparkan akan pentingnya promosi dan segmentasi pasar, agar bisnis kita terarah pada konsumen. Kaji Huda menekankan adanya target penjualan diikuti dengan target sosial, agar bisnis kita dapat dinikmati oleh masyarakat.

Dari berbagai pertanyaan yg muncul dari peserta menunjukkan, bahwa pengusaha pekalongan sangat membutuhkan forum diskusi semacam ini. Seorang peserta, Budi Setiawan yg juga anggota DPRD Kota Pekalongan, meminta ada forum lanjutan dari diskusi ini, untuk membina pengusaha terutama yg masih pemula.

Pada kesempatan yang sama ketua IIBF Kota Pekalongan, MBN. Hidayat menyampaikan bahwa sudah menjadi komitmen IIBF untuk membangun bisnis pengusaha melalui sharing dan diskusi. ‘nantinya Insya Allah, kita punya program diskusi tentang Muamalah agar akad jualbeli kita halal, dan juga tentang leadership. Pengusaha harus punya mental leadership yg tangguh dlm memimpin usahanya’. **)