Sekda : Pemuda harus Kreatif

oleh

PEKALONGAN – Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Kota Pekalongan menggelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-90 di Halaman Kantor Setda Kota Pekalongan, Senin (29/10).

Upacara dihadiri oleh jajaran Forkompinda, Sekda Kota Pekalongan, Asisten, dan Perwakilan OPD terkait, Bertindak sebagai Pembina Upacara Sekda Kota Pekalongan.

Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi yang dibacakan oleh Pembina Upacara Sri Ruminingsih menyampaikan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengusung tema “ Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema tersebut membawa pesan betapa pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sekda memaknai Sumpah Pemuda ke-90 sebagai ajakan para pemuda milenial di era global ini harus mewarisi semangat para penggagas Sumpah Pemuda. Di era global ini pemuda dituntut menjadi pemuda yang kreatif, memaknainya dengan melakukan hal-hal yang positif untuk bisa memajukan Indonesia.

“Semoga dengan peringatan ini, kita senantiasa mengingat jasa para pahlawan,” ucap Sekda.

Selanjutnya, Ia berpesan kepada para pemuda khususnya para pemuda Pekalongan harus bisa selektif karena berkembangnya zaman dan teknologi di era globalisasi ini layaknya pisau bermata dua jika bisa memanfaatkan dengan positif, kita bisa meraih harapan-harapan bangsa namun apabila kita melakukan tindakan yg negatif akan menghancurkan bangsa. Pemuda adalah harapan bangsa.

Diakhir sambutannya ia menyampaikan apresiasinya untuk para pemuda Pekalongan yg mendapatkan penghargaan tingkat Nasional dari Kemendikbud RI dalam bidang bahasa dan sastra bernama Arif Sulistiono asal Klego, para atlet Porprov kontingen Pekalongan yang bertanding di Solo dan telah menyumbangkan beberapa medali emas,perak dan perunggu untuk Kota Pekalongan tercinta. Harapannya semoga pemuda Pekalongan dapat meningkatkan prestasinya di bidang masing-masing dan mereka bisa menjadi pemuda yang kreatif ,inovatif khususnya untuk mewujudkan perekonomian yg kuat sehingga akan banyak muncul pemuda pemuda yang hebat.