Peringati Hari Statistik Nasional, BPS Ekspose Data

oleh

PEKALONGAN – Memperingati Hari Statistik Nasional yang jatuh pada 26 September Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekalongan menyelenggarakan Ekspose Data di Mataram Restoran Hotel Nirwana, Jalan Dr Wahidin No 11, Kota Pekalongan, Rabu (26/9/2018). Kegiatan ini mengambil tema Peran Strategis Data BPS dalam Pembangunan dan Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa.

Pada acara ini, selain Kepala BPS Kota Pekalongan, Edi Prawoto, hadir narasumber Kepala Bappeda Kota Pekalongan, Ir Anita Heru Kusumorini MSc dan General Manager Radar Pekalongan, Ade Asep Syarifuddin.

Kepala Bappeda Kota Pekalongan, Ir Anita Heru Kusumorini MSc menyampaikan bahwa dengan adanya ekspose BPS ini tentu akan ada informasi baru yang bermanfaat untuk kegiatan yang sedang berjalan atau untuk perencanaan kegiatan berikutnya. “Dengan melihat data yang ada, kami akan siap dengan langkah yang harus dilakukan karena sebelumnya tahu kondisi Kota Pekalongan melaui data tersebut,” tutur Anita.

Lanjut Anita menekankan hubungan Pemkot Pekalongan dengan BPS ini sebagai mitra yakni penyedia data yang diakui oleh pemerintah dan institusi lainnya. “Beberapa program ada aturan yang mewajibkan kami untuk menggunakan data dari BPS. BPS sebagai penyedia data juga mendapatkan data dari kami sebagai salah satu responden. Data tersebut kemudian diolah oleh BPS dan kami manfaatkannya kembali,” terang Anita.

Kepala BPS Kota Pekalongan, Edi Prawoto menjelaskan bahwa ekpose data kali ini bertepatan dengan hari statistik, pihaknya ingin masyarakat sadar bahwa data ini juga untuk mereka. “Kegiatan pembangunan yang berlandaskan data akan membuat jelas arahnya. Sebagai data dasar tentu BPS memiliki prosedur, metode, dan kualitas data sehingga data yang keluar layak digunakan dan dapat dipercaya,” ungkap Edi.

Update data BPS sifatnya berbeda, ada yang bulanan, 3 bulanan, semesteran, dan tahunan. “Pada Hari Statistik Nasional ini harapan untuk masyarakat Kota Pekalongan supaya yang menjadi responden, baik dari instansi atau masyarakat umum dapat mengungkapkan keadaan sebenarnya sehingga data vallid,” pungkasnya.(*)

banner 800x320