Pemkab Prihatin Masyarakat Batang Minin Kesadaran ODF

oleh

BATANG- Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, dan Open Defection Free (ODF) atau minimnya kesadaran masyarakat agar tidak buang air besar sembarang menjadai keprihatinan Pemkab Batang.

” Sebagai kader Posyandu harus dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait Open Defection Free (ODF), karena ini salah satu kebiasaan buruknya masyarakat kita dan mengingat angka kematian ibu (AKI) di batang yang masih cukup tinggi yakni 19 orang dari januari-November ini”, kata Bupati Wihaji saat membuka jambore kader posyandu yang betlangsung di Agrowisata Pagilaran, Selasa (13/11/18).

Ia pun mengucapkan terimakasih atas keikhlasan menjadi kader posyandu serta kerelaan untuk ikut mensukseskan program kesehatan Pemkab maupun Pemprov Jateng Gayeng dalam Nginceng Wong Meteng. Karena berhasil dan tidaknya program ini merupakan komitmen dan sinergitas dari semua pihak baik Pemimpin daerah, Kepala Dinas, Kepala Puskesmas, Kepala Desa dan Masyarakat.

“Banyak yang harus dilakukan oleh kader mengingat kader posyandu adalah ujung tombak, seperti mengurangi stunting dan gerakan masyarakat hidup sehat,” Pinta Wihaji

Diharapkan kader posyandu dapat meningkatkan pengetahuan, motivasi tinggi serta menjalin hubungan baik antar kader posyandu yang jumlagnya ratusan kader posyandu yang terdiri dari bidan dan petugas puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Hidayah Basbet mengungkatkan salah satu alasan diadakan jambore kader posyandu adalah untuk meningkatkan kwalitas dan menambah ilmu dari masing-masing kader yang ada di Kabupaten Batang. Serta mengajak para kader untuk lebih berpartisipasi aktif membina dan mensosialisasikan berbagai program kesehatan, walaupun para kader yang hadir disini adalah mereka yang aktif tetapi tetap perlu untuk direfres.

Perlu pertemuan yang lebih intens lagi antara kader dan para ibu hamil minimal 4 kali dalam satu bulan dan mereka diajak untuk pergi ke bidan desa terdekat, hal ini untuk menginterfensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan salah satunya menekan angka kematian ibu hamil (AKI). Perlu kerja keras untuk mengurangi angka stunting yang ada di Kabupaten Batang, karena masih ada mitos dimasyarakat terkait mengkonsumsi ikan pada saat hamil dan sesudah melahirkan.(*)