NU Bangun Kampus 3 Lantai

oleh

KAJEN – Pembangunan gedung perguruan tinggi Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pekalongan di Jalan Karangdowo, Kedungwuni, akan dibangun tiga lantai, untuk menampung lebih banyak mahasiswa, karena sangat diminati.

Perguruan tinggi NU tersebut merupakan kepanjangan dari Politeknik Pusmanu yang semula dikelola oleh Yayasan Al Usmani, dan dialihkelolakan kepada Bada Pelaksana Pengelola Perguruan Tinggi NU, Kabupaten Pekalongan. Sehingga dari segi kampus yang semula berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekalongan, di pindahkan ke komplek gedung NU Kabupaten Pekalongan di Jalan Karangdowo, Kedungwuni, dan pembangunannya dimulai Kamis (18/10/2018).

Menurut KH. Muslih Khudori, M.Si – Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pekalongan, bahwa pembangunan gedung NU tersebut akan mengambil anggaran dari swadaya masyarakat, utamanya warga nahdliyin dari berbagai kalangan, dengan perencanaan anggaran Rp 8,5 miliar, ditambah dana stimulus dari Pemkab Pekalongan Rp 2,5 miliar.

“Sekarang ini dana dari Pemkab Pekalongan sudah dicairkan Rp 1,5 miliar, sehingga sekarang ini pembangunan sudah mulai dilakukan di atas lahan milik PCNU, di komplek gedung NU Kedungwuni. Targetnya satu tahun sudah selesai,” katanya.

Dengan pembangunan tersebut pihaknya meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar pembangunan gedung perguruan tinggi tersebut dapat terselesaikan secara cepat, dan segera bisa dijadikan tempat perkuliahan mahasiswa.

Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si menambahkan bahwa pelaksanaan pembangunan gedung kampus perguruan tinggi NU yang telah dimulai tersebut merupakan salah satu wujud dari cita-cita untuk mengembangkan pendidikan tinggi di Kota Santri.

“Gedung perguruan tinggi NU ini melengkapi kampus-kampus yang sudah berdiri di Kabupaten Pekalongan, baik IAIN, Undip, Muhammadiyah, dan nanti Politeknik Kajen serta lainnya. Jadi ini juga merupakan pemantik perguruan tinggi, sesuai dengan apa yang telah saya cita citakan,” tandas bupati.

Usai peletakan batu pertama, acara dilanjutkan dengan doa bersama untuk kelancaran pembangunan gedung oleh Bupati dan segenap pengurus PCNU dan perwakilan badan otonomnya yang hadir di aula Gedung PCNU tersebut. (*)