Misteri Pembongkar Bangunan Pasar Banjarsari

oleh

ALAT-Alat berat didatangkan di lokasi Pasar Banjarsari Kota Pekalongan Minggu 23 Desember 2018. Keesokan harinya Senin (24/12) para pekerja mulai merobohkan bangunan pasar Banjarsari tersebut.
Menyaksikan pemandangan itu, para pedagang pasar-pun merasa lega dan menyakini jika pembangunan segera dimulai dengan diawali pembongkaran.
Namun setelah beberapa hari melakukan aktivitas pembongkaran membuat Pemkot Pekalongan merasa kecolongan. Pasalnya, belum ada agenda apapun dalam bulan Desember untuk proses pembangunan Pasar Banjarsari.
Karenanya, Pemkot Pekalongan melalui Satpol PP segera bertindak cepat untuk hentikan aktivitas di lokasi Pasar Banjarsari. Wali Kota Saelany Machfudz dalam jumpa pers bersama media Kamis (27/12) menyatakan bahwa kegiatan pembongkaran tersebut bukan dilakukan oleh Pemkot. Bahkan tidak atas seizin dari Pemkot.
Menurut Wali Kota saat ini, Ia tengah mencari tahu terhadap pihak yang melakukan pembongkaran. “Apakah dari pihak asuransi, sebab Pasar Banjarsari masih terikat dengan pihak ketiga yaitu pihak Mall Borobudur.”
Wali Kota mengatakan apabila benar dari pihak mall, pihaknya berharap pembongkaran bisa dilakukan secara menyeluruh. “Sebab apabila pembangunan pasar akan dibiayai pemerintah pusat maka bangunan yang ada memang harus dibongkar sampai rata dengan tanah,”. Katanya.
Wali Kota menambahkan hingga saat ini Pemkot sudah menyiapkan sejumlah anggaran pembangunan Pasar Banjarsari yang rencananya dilakukan secara multiyears dimulai akhir tahun ini. “Namun apabila akhirnya bisa didanai lewat APBN maka diharapkan pembangunan bisa dilakukan dalam waktu satu tahun saja.”
Hingga berita ini ditulis Sabtu (29/12) Pemkot Pekalongan masih belum tahu siapa yang berani melakukan pembongkaran bangunan Pasar Banjarsari.
Kabag Humas Pemkot Pekalongan Arif Karyadi mengatakan Satpol PP tengah menyelidiki siapa pelaku pembongkaran dengan gunakan alat berat tersebut. Benar-benar misteri????(*)