Masyarakat Siap Perang Lawan HOAX

oleh

PEKALONGAN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan menyelenggarakan dialog publik dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan 30 komunitas di Kota Pekalongan di Ballroom Hotel Istana, Selasa (23/10). Dialog dengan tema Gotong Royong Melawan Hoax ini mengajak generasi milenial untuk melawan hoax.

Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk mencerdaskan masyarakat Kota Pekalongan untuk mencegah hoax dan menanggulangi perpecahan di masyarakat. “Hoax merusak silaturahmi dan menjadi ancaman yang potensial bagi masyarakat atau negara,” ungkap Budi.

Dikatakan Budi bahwa Kota Pekalongan perlu membangun sinergi dan kebersamaan menanggapi ancaman hoax. “Di sini kita bisa membangun kebersamaan melawan hoax, meskipun sudah ada komunitas antikorupsi, tapi mari bersama-sama membangun komitmen untuk melakukan gerakan anti hoax,” ajak Budi.

Tentu itu tidak cukup, perlu merapatkan menyebarkan informasi positif. Ditambah lagi generasi milenial saat ini yang akrab dengan teknologi, jadi harus menyaring informasi dan menghindari hoax.

Komandan Kodim 0710/ Pekalongan, Letkol Inf Muhammad Ridha menceritakan perjalanan hidupnya. Banyak upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi hoax. Generasi saat ini dituntut untuk lebih jeli dalam memperoleh informasi. “Jangan mudah terpengaruh oleh berita yang simpang siur. Kita harus cerdas menyikapinya, tentunya dengan mencari asal atau sumber informasi tersebut,” paparnya.

Ridha mengimbau generasi milenial untuk tidak mudah menyebarluaskan informasi yang belum jelas kebenarannya. Apalagi mendekati tahun politik, pribadi masyarakat harus harus dibentengi dari hoax,” pungkas Ridha.