Longsor, TNI-Polri-BPBD Buka Akses Jalan

oleh

KAJEN – Untuk membuka akses jalan yang tertutup longsor, sejumlah anggota TNI dari Koramil 14 kandangserang yang terdiri dari Bati Tuud dan Babinsa bersama Polri,BPBD dan masyarakat melaksanakan karya bhakti pembersihan material yang menutupi badan jalan hingga mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh total,bertempat di Dk. Kembang, Ds. Bodas, Kec. Kandangserang, Kab.pekalongan,sabtu (20/1/18 )

Bencana tanah longsor terjadi karena intensitas hujan yang tinggi, ditambah stuktur tanah yang mudah longsor terjadi pada senin ( 8 /1 ) dan longsor susulan pada selasa ( 16 /1 ) yang mengakibatkan longsoran sepanjang 150 meter dan membuat akses jalan yang menghubungan dua desa yaitu desa Bodas menuju desa Klesem tertutup total.

Menurut Danramil 14 Kandangserang Kapten Inf Imam Subechi,menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bersifat hanya sementara , agar jalan bisa dilalui untuk sementara, karena tidak adanya alat berat yang memadai.

“Kegiatan ini dilaksanakan hanya sifatnya sementara saja, untuk membuka jalan agar bisa dilalui pejalan kaki dan kendaraan bermotor, karena alat yang kurang mendukung sehingga hasilnya kurang maksimal dan kita membutuhkan alat berat untuk membuka jalan ini agar bisa normal seperti sedia kala,”ujarnya.

Sementara itu, kepala desa Bodas Buang Wijaya dan Kepala desa klesem ibu Suyati bersepakat akan menyampaikan permohonan kepada Bupati Pekalongan untuk mendatangkan alat berat.

“Guna melanjutkan pembersihan longsoran tanah yang jumlahnya cukup banyak dan apabila terjadi hujan terus menerus dimungkinkan akan terjadi susulan tanah longsor maka kami akan memohon kepada bapak Bupati agar segeta mendatangkan alat berat agar jalan bisa segera kembali normal,” pungkasnya (*)

banner 800x320