Kospin Jasa Kembangkan Sayap Usaha

PEKALONGAN – Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) JASA kian memperluas jaringan usahanya. Terbukti, tahun 2017 Kospin Jasa mengembangkan bisnis asuransi berbasis syariah dengan nama PT. Jasa Mitra Abadi Syariah dibawah ijin dan pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Alhamdulillah PT JMA Syariah masuk bursa (IPO : Initial Public Offering) yang secara resmi telah ditetapkan pada tanggal 18 Desember 2017 dengan disaksikan Menteri Koperasi dan UKM. Ini merupakan prestasi tersendiri karena merupakan satu-satunya asuransi jiwa syariah yang sudah go publik. Selain itu Kospin JASA telah berhasil mengakuisisi PT. Asuransi Takaful Umum (ATU),” demikian disampaikan Ketua Umum Kospin Jasa HM Andy Arslan Djunaid disela-sela persiapan RAT ke 44 Jumat (9/3).

Lebih lanjut dia mengatakan tahun 2018 tantangan semakin berat untuk dunia perekonomian. Mengingat tahun ini merupakan tahun politik. Belum lagi adanya jalan tol pantura, langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap perekonomian khususnya wilayah Pantura, Pasar Banjarsari/Senteleng terbakar, padahal semua tahu bahwa Kota Pekalongan sebagai pusatnya Kospin Jasa. “Maka        Program Kerja Kospin Jasa Tahun 2018, antara lain menyempurnakan struktur organisasi sehubungan dengan Kospin JASA sebagai induk dari beberapa anak perusahaan, meningkatkan pembinaan kepada anak-anak perusahaan dengan tujuan kelak bisa go public, meningkatkan keanggotaan dengan memberikan informasi tentang kelembagaan, manajemen, produk dan kemanfaatan sebagai anggota Kospin JASA, membuka gerai-gerai/outlet kantor Kospin JASA di sentra-sentra usaha anggota, Membangun sistem fintech, berdasarkan azas koperasi sesuai kebutuhan anggota. Selanjutnya kami akan memberikan solusi menghadapi Permen No.11 tahun 2017 yang berhubungan spin off Kospin JASA Layanan Syariah,” katanya.

Dikatakan Andy beratnya dunia lembaga keuangan masuki tahun 2018 tentunya dibutuhkan kerjasama dengan pihak ketiga baik lembaga perbankan maupun non bank akan ditingkatkan dengan tujuan untuk menambah kemudahan dalam memberikan pelayanan anggota dan mendapatkan fee base income. “Pada moment RAT ini kami akan menandatangi MoU dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, tentang Layanan Transaksi Non Tunai (Cashless Society), seperti : eMoney, Kartu Debit (ATM) dan pelayanan transaksi virtual lainnya. Perlu diketahui, proses kerja sama juga sudah dilakukan dengan Bank Jateng, dengan memberikan pelayanan plus untuk Anggota berupa kartu debit (ATM) khusus Tabungan Mikro.”

Andy juga menyampaikan bahwa CSR Kospin JASA sduah menyalurkan bantuan miliran rupiah untuk para korban musibah/bencana alam seperti Erupsi Gunung Agung Bali, Korban Banjir di beberapa daerah, Korban dampak ROB dengan bantuan bedah rumah, bantuan Pendidikan di beberapa sekolah swasta, bantuan Keagamaan, baik fisik / Bangunan maupun kegiatan keagamaan serta bantuan Kesehatan

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dipastikan bakal membuka RAT Kospin JASA ke 44 di Gedung HA Djunaid Sabtu (10/3). Hal ini setelah Ketua Panitia RAT Kospin Jasa Budi setiawan mendapatkan kepastian dari Kementrian Koperasi dan UKM Jumat (9/3). “Ya Pak Menteri menyatakan siap hadir dan membuka RAT Kospin Jasa ke 44,” katanya. (*)

Please like and share..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*