Kiai Yang Pilih Sempurnakan Sholat Sunnah dari Pada Poligami

(Mengenang KH Suudi)

Pak Kiai adalah orang yang sangat Populer di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Batang hingga Pemalang. Bahkan beberapa wilayah di Jawa Tengah juga mengenal sosok Kiai humoris tersebut.
Kepopuleran Pak Kiai dan gaya ceramahnya yang ceplas ceplos dibumbui kelucuan menjadikan beliau disukai banyak orang. Bahkan banyak orang tua khususnya Ibu Ibu yang menginkan agar Pak Kiai mau jadi menantunya alias dinikahkan dengan putri-putri nya.
Namun apa jawab Pak Kiai? “Saya tidak menolak atau anti Poligami, karena Poligami tidak dilarang dalam Islam. Namun, saya lebih memilih untuk melakukan sunah sunah yang lain seperti sholat tahajud, dhuha, rawatib maupun hajat. Juga puasa sunah senin kamis.”
Mengapa kita harus berpikir poligami kalau sunah yang lain juga belum maksimal dilaksanakan. “Iya saya memilih untuk laksanakan sunah sholat dan puasa untuk menambah kebaikan.”
Pak kiai juga menuturkan bila keberhasilannya saat ini adalah berkat perjuangan dan doa istri nya. “Saya bisa ceramah atau ngisi pengajian karena Istri saya dengan ikhlas menjalankan kewajiban mengasuh dan mendidik anak-anak. Istri punya peran yang sangat penting, dialah yang senantiasa menjaga anak anak bila saya pergi untuk dakwah. Bayangkan kalau istri saya sibuk dengan keinginanya tentu saya tidak akan bisa ceramah atau dakwah karena sibuk urus anak anak mandi, sekolah dsb. Makanya saya milih untuk tetap setia dengan 1 istri,” ungkapnya polos
Dan dengan satu istri, kata Pak Kiai, dirinya bisa lebih fokus ke ibadah yang lain.
Dan yang jelas kata Pak Kiai, intinya saya tidak anti poligami namun saya belum bisa untuk melakukan poligami. Hingga akhir hayatnya Pak Kiai tetap setia dengan seorang istri yakni bernama Wartonah.
Dari pernikahannya dikaruniai 10 anak dan 22 cucu. Selamat jalan Pak Kiai, kami semua mendoakan Pak Kiai semoga khusnul khotimah dan mendapat tempat di sisi Allah SWT, Aamiiin YRA (*)

Please like and share..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*