Jaga Keutuhan NKRI Lewat Forum Komunikasi dan Konsultasi Ormas

oleh

Kota Pekalongan- Dalam rangka meningkatkan komunikasi dan sinergisitas program kegiatan antara Pemerintah dan Organisasi Masyarakat (Ormas), Pemkot Pekalongan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Forum Komunikasi dan Konsultasi dengan Organisasi Kemasyarakatan di Aula Kelurahan Bendan Kergon, Pekalongan Barat pada Rabu (7/11).

Acara tersebut dibuka oleh Walikota Pekalongan, dan dihadiri oleh para perwakilan Ormas se-Kota Pekalongan sejumlah 50 orang. Dalam laporannya, Walikota Pekalongan, M. Saelany Machfudz mengatakan bahwa forum ini sangat penting untuk dapat menjalin adanya komunikasi antara pemerintah dan Ormas yang ada di Kota Pekalongan.

” Memasuki tahun politik, ormas memiliki peran untuk dapat menenteramkan para anggotanya untuk dapat menjalin silaturahmi antar satu sama lain, serta meningkatkan koordinasi guna menciptakan ketenteraman dan kedamaian di masyarakat terhadap isu-isu yang berkembang di tengah masyarakat. Peran itulah yang diharapkan Pemerintah untuk membantu membangun Kota Pekalongan kedepannya”, terangnya.

Pemkot juga mengajak organisasi kemasyarakatan untuk saling berpegang tangan dan bergotong royong dalam menjaga kerukunan dan ketertiban bersama. Sementara itu, Kepala Kesbangpol, Bambang Sumitro mengatakan tujuan digelar forum ini adalah untuk meningkatkan peran Ormas dalam menjaga kondusifitas di tengah masyarakat yg berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, terwujudnya persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan NKRI khususnya Kota Pekalongan dan menjamin terlaksananya pemilu 2019 yang sukses dan tertib.

Keberadaan ormas di tengah masyarakat secara tidak langsung telah membantu pemerintah dalam proses pembangunan. “Melalui pertemuan ini, saya harap para peserta dapat mengikuti acara ini secara maksimal, sehingga dapat melahirkan output yang berguna bagi semua”, ucap Bambang.

Bertindak sebagai narasumber dari Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKBU), Kota Pekalongan, Ahmad Marzuqi, yang menyampaikan materi mengenai Peran Tokoh Kemasyarakatan dalam Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan menuju sukses Pemilu, Polres Pekalongan Kota yang diwakilkan oleh Kasat Binmas AKP Arisun mengenai Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam mendukung Kamtibnas menuju sukses Pemilu 2019, dan materi mengenai Tinjauan Hukum dalam Tata Kelola Organisasi Kemasyarakatan yang disampaikan oleh Maziyah, Jaksa pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pekalongan. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta yang hadir. (*)