Ini Kata Dahnil tentang HTI

oleh

PEKALONGAN – HTI dan Muhammadiyah adalah dua organisasi yang berbeda bahkan goal dan cara gerakannya juga berbeda. “Muhammadiyah itu adalah oriantasinya terbentuknya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Artinya disatu negara, disatu peradaban yang paling penting adalah warga negaranya menjunjung tinggi nilai nilai keislaman.” Ungkap tokoh Pemuda Muhammadiyah Dhanil Anzar Simanjutak dalam acara Silaturahmi dan dialog Keumatan di Masjid Al Ihsan Kraton Kota Pekalongan Minggu (6/1).
Menurutnya, Muhammadiyah inginkan di Indonesia ini terbetuk masyarakat yang Islami. “Sedangkan HTI orientasinya adalah sistem dan orientasinya membentuk negara khilafah. Jadi goalnya jelas berbeda antara Muhammadiyah dan HTI.”
Dia juga menyampaikan dihadapan ratusan jamaah yang memadati Masjid Al Ihsan bahwa saat dirinya menjabat sebagai Ketua PP Pemuda Muhammadiyah ada sekelompok pengacara yang sedang sosialisasi Pancasila bertanya tentang persepsi Muhammadiyah terhadap Pancasila. Saat itu Dahnil menjawab bahwa yang membentuk dan melahirkan Pancasila adalah tokoh-tokoh Muhammadiyah. “Kalau istilah saya adalah bahwa Pancasila adalah anaknya Muhammadiyah. Jadi jangan ragukan komimet Muhammadiyah untuk pertahankan dan mengamalkan Pancasila.” (*)