Ganjar Datangi Lokasi Longsor Brebes

oleh

Brebes – Gubernur Jateng nonaktif Ganjar Pranowo mengunjungi lokasi longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Selasa (28/2/2018). Selain lokasi bencana, Ganjar juga mengunjungi sejumlah posko pengungsian dan logistik.

Saat di lokasi bencana ratusan petugas dan relawan masih mencari korban yang hilang. Sejauh ini operasi pencarian menemukan 10 korban dalan kondisi meninggal dan masih ada 7 nama yang dilaporkan hilang.

“Hari ini terakhir operasi pencarian sampai nanti jam 12. Saya dengar antara tim dan keluarga korban sudah sepakat, keluarga sudah ikhlas,” kata Ganjar.

Kepala Desa Pasir Panjang Riswanto mengatakan, dampak longsor juga mengakibatkan 30 rumah rusak.  Diantaranya ada tiga rumah yang rusak berat, bahkan hampir rata dengan tanah.

“Material lumpur dari bukit itu turun menerjang kampung Cikarae, lumpur masuk rumah setinggi dada. Saat ini warga sedang kerja bakti membersihkan lumpurnya,” katanya.

Dampak lain adalah sulitnya air bersih karena pipa-pipa air warga rusak. Kepada Ganjar, warga meminta diusahakan pompa air dan pipa paralon.

“Permintaan warga sudah saya teruskan ke BPBD dan segera dikirim. Satu lagi gergaji mesin ini sangat penting karena banyak batang pohon utuh terbawa lumpur ke perkampungan,” kata calon gubernur Jateng nomor satu itu. (*)