Email Dinas Dimaximalkan

oleh

PEKALONGAN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan menggelar Sosialisasi dan Evaluasi Pemanfaatan SIM Surat Online dan Pelatihan Pemanfaatan Email Dinas se-Kota Pekalongan di Gedung Diklat Kota Pekalongan, Kamis (18/10/). Kegiatan ini menjadi langkah Pemerintah Kota Pekalongan menuju smart city.

Sosialisasi yang diikuti perwakilan camat dan lurah se-Kota Pekalongan ini dengan narasumber Kepala Seksi Persandian, Audit, dan Keamanan Sistem Dinkominfo Kota Pekalongan, Meidy Prasetyo Utomo.

Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso mengungkapkan bahwa digalakkannya pemanfaatan email dinas ini untuk kesiapan penerapan tanda tangan digital di Kota Pekalongan kerjasama dengan BSSN. “Implementasi tanda tangan digital harus menggunakan email kediaman, sehingga hari ini kita panggil perwakilan kelurahan se-Kota Pekalongan untuk mulai belajar tentang pemanfaatan email dinas agar mulai digalakkan,” tutur Budi.

Dikatakan Budi, ini bukan semata-mata untuk kerjasama dengan BSSN, tapi juga untuk meningkatkan keamanan dengan pemanfaatan email dinas karena arsip surat dapat tersimpan dengan baik. Penggunaan email dalam negeri jauh lebih aman. “Kaitanya dengan surat online ini, memang sudah berjalan, kelurahan dituntut lebih aktif lagi memanfaatkan fitur-fitur yang ada di surat online karena selama yang digunakan hanya untuk menerima dan mengirim surat. Banyak fasilitas yang bisa digunakan seperti chat dan distorsi,” papar Budi.

Adanya sosialisasi dan evaluasi ini sekaligus ia minta masukan terkait kendala yang dihadapi. Untuk target, sebelum akhir tahun ini semua kelurahan dapat memanfaatkan email dinas. Ini wajib dilakukan sebelum implementasi tanda tangan digital. “Selanjutnya akan diadakan workshop secara teknis dengan harapan proses pengelolaan informasi lebih efisien, pengiriman surat lebih cepat, file surat dapat terdokumentasikan dengan aman, dan pencarian berkas atau arsip dapat cepat ditemukan,” pungkas Budi.