Caleg PKS Dipolisikan Gara gara “Kesandung” Iklan

oleh

PEKALONGAN – Badan Pengawas Pemilu Kota Pekalongan menyerahkan sejumlah alat bukti pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh calon legeslatif Syamsalis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) nomor urut 1 Daerah Pemilih Jawa Tengah X. Sabtu (17/11).

Divisi SDM Bawaslu Kota Pekalongan H. Bambang Sukoco mengatakan pelanggaran yang dilakukan adalah kampanye diluar jadwal, yakni masangan iklan di salah satu media cetak lengkap dengan gambar partai, foto caleg, no urut partai dan no urut caleg pada tanggal 22/10 silam.

Bambang menjelaskan pelanggaran kampanye ini merupakan hasil temuan Bawas Kota Pekalongan. Setelah melengkapi alat bukti dan meminta keterangan dari saksi dan caleg bersangkutan selanjutnya kita serahkan ke Polres Pekalongan Kota.

” semua prosedur sudah kita jalankan, kuat dugaan ada pelanggaran kampanye sehingga semua alat bukti yang terkumpul kita serahkan ke pihak berwajib,” terangnya.

Bambang menambahkan disinyalir caleg bersangkutan melanggar pasal 492 Undang Undang Nomor 7 Tahun 2018 tentang kampanye diluar jadwal dengan sangsi kurungan 1 Tahun penjara dan denda 12 juta rupiah (*)