Bulan Depan, Pasar Kraton Buka

oleh

PEKALONGAN – Pembangunan pasar kraton Pekalongan baru tahap ke 2 saat ini sudah mencapai 80% selesai, di perkirakan sampai dengan akhir november 2018 mendatang, pasar baru kraton ini sudah siap di gunakan oleh para pedagang yang menempati pasar darurat kraton.

Saminta, Kepala bidang pasar pada Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pekalongan, ketika ditemui diruang kerjanya, Kamis (1/11) menjelaskan bahwa pembangunan pasar kraton ini di lakukan secara bertahap sejak tahun 2017 kemarin.

Pembangunan pasar Kraton ini merupakan pembangunan tahap kedua dan sudah mencapai 80% dan kurangnya hanya finishing akhir, Untuk pembangunan pasar kraton ini pemerintah mengeluarkan dana APBD sebesar 1 milyar” Jelas Saminta. “Untuk tahap pertama tahun 2017 kemarin menghabiskan waktu kurang lebih 5 bulan sehingga total sampai tahap kedua ini mencapai 1 tahunan” Tambahnya.

Jumlah pedagang yang akan menempati pasar baru Kraton tersebut nantinya kurang lebih ada 100 pedagang. Pembangunan pasar kraton baru ini di lakukan mengingat kondisi pasar kraton sebelumnya sudah sangat tua dan banyak beberapa strutur bangunan yang sudah sangat mengkhawatirkan sehingga perlu untuk di rehab total.

Rencananya setelah peresmian nanti para pedagang yang berhak menempati pasar baru ini akan lebih memprioritaskan pedagang lama yang telah memiliki K.I.P untuk retribusinya saminta menjelaskan akan menyesuaikan seperti retribusi yang ada di pasar anyar.

Saminta menghimbau kepada para pedagang untuk bisa menjaga pasar agar tetap bersih dan rapih sehingga harapanya pasar kraton baru nantinya semakin di minati masyarakat sekitar. (*)