Bikin Baper, Para Tahanan Polres Pekalongan Kota Khatam Qur’an

oleh

PEKALONGAN – Penanganan aparat kepolisian Polres Pekalongan Kota terhadap para tersangka yang ditahan layak diacungi jempol. Pasalnya, semua tahanan diperlakukan sebagaimana kodratnya sebagai manusia. Sebab itulah para tersangka di Mapolres Pekalongan Kota tidak merasa ‘tersakiti’ hingga tahanan tersebut mirip dengan ‘pesantren’. Tak ada kekerasan didalamnya, yang ada justru suasana perenungan massal atas kejahatan yang sudah dilakukannya.
Hingga nampaklah suasana haru didalam tahanan Mapolres Pekalongan Kota. Tiap malam selepas maghrib, mereka mengaji Al-Qur’an dan akhirnya khatam juga. Menyaksikan para tahanan khatam Qur’an, membuat jajaran Polres Pekalongan Kota-pun memfasilitasi untuk adakan acara tasyakuran yang dilakukan secara sederhana bagi para tahanan tersebut.
Selain itu, ada beberapa tahanan yang menginspirasi tahanan lainya. Dimana tiap malam mereka melaksanakan sholat hajat dan tahajud. Selain itu juga memanjatkan doa secara bersama. Suasana religi didalam tahanan Mapolres Pekalongan tersebut benar-benar membuat para penjaga-pun ikut berdoa bersama. Terlihat jelas para tersangka meneteskan air mata atas doa doa yang dipanjatkan.
Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandi Sitepu sabtu (29/12) mengatakan bahwa para tahanan jangan sampai merasa masa depannya hancur tatkala berstatus tersangka maupun tahanan. Karenanya, pihaknya memrintahkan jajaran Polres Pekalongan Kota untuk bersikap baik dengan para tahanan. Hal itu dilakukan agar para tahanan punya semangat hidup dan menjadi orang orang yang baik pasca bebas nanti. (*)