Benarkah Sudah Ada Korban Akun Walikota (yang) dibajak???

oleh

PEKALONGAN – Akun FB Walikota Pekalongan yang dibajak orang tak bertanggungjawab telah memakan korban. Dari informasi yang diperoleh dari ahli IT Suryo baru satu orang yang mengaku terlanjur menstransfer ke no rek yang diminta. Korban akun walikota atas nama B Nababan yang terlanjur transfer senilai Rp 1 juta.
Namun hal itu dibantah Kepala Dinas Kominfo Sri Budi Santoso. Menurutnya sampai saat ini, pihaknya baru menerima 2 laporan tentang pihak yg menerima permintaan uang, dan belum ada yang melapor bahwa telah mentransfer dana ke penghack.
Soal pembajakan akun FB Walikota, Budi mengatakan bahwa aktivitas hack tercatat mulai akhir Desember 2017, tepatnya 2 Nop 2017.
“Pertama, pihak yang menghack FB Bp walikota minta agar dana ditransfer ke rekening bank Panin atas nama Suryanto.
Kedua, pihak penghack tidak melakukan aktivitas update konten yg bersifat publik, tapi hanya memanfaatkan fasilitas messenger yg bersifat privat antar akun. Ketiga, aktivitas Gonta ganti password ke FB bapak walikota terjadi beberapa kali mulai sekitar akhir Desember 2017, tepatnya 2 Nop 2017,” katanya.
Keempat, kata dia, terakhir tadi pagi (Selasa 9 Januari 2018) sekitar jam 8 ada pihak luar yang masuk ke akun Facebook bapak walikota, menggunakan perangkat mobile dari lokasi di Bekasi.
“Kelima, kelihatannya untuk mengelabui, pihak penghack selalu mengembalikan password ke password semula, sehingga pak walikota tetap bisa masuk (tidak menguncinya) dan hanya gunakan fasilitas messenger yang bersifat privat, dan langsung dihapus sehingga di akun FB pak wali tidak ada bekas siapa saja yang telah dikirimi pesan permintaan uang.” Keenam, sampai saat ini, kami baru menerima 2 laporan tentang pihak yg menerima permintaan uang, dan belum ada yang melapor bahwa telah mentransfer dana ke penghack,” ujar Budi sembari menambahkan bahwa akun FB walikota saat ini sudah kembali dipulihkan , dan sementara dilakukan langkah langkah pengamanan. (*)

banner 800x320