Amankan Pilkada, Polres Pekalongan Kota Gelar Simulasi

oleh

Pekalongan – Guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas saat tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berlangsung, Polres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah menggelar simulasi Sispamkota, Selasa (13/2).

Dalam kegiatan simulasi sispamkota tersebut, diperagakan penanganan kepolisian terhadap aksi massa yang tidak puas dengan pelaksanaan Pilkada.

Simulasi dilaksanakan di Jalan Jetayu Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan, yang dihadiri oleh Kapolres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah AKBP Ferry Sandy Sitepu, Walikota Pekalongan yang diwakili Kadishub Kota Pekalongan Slamet Prihantono, Ketua KPUD Kota Pekalongan Basyir, Ketua Panwaslu Kota Pekalongan diwakili Bambang Sukoco, Dandim 0710 Pekalongan yang diwakili Kasdim Pekalongan Mayor Inf. Hufron, Ketua Pengadilan Negeri Kota Pekalongan, Kejari Kota Pekalongan, Kasat Pol PP Kota Pekalongan, Kalapas Kelas IIA Pekalongan, Karutan Kelas IIA Pekalongan, Kakesbang Pol Kota Pekalongan, Perwakilan PPK, PPS dan Pengurus Partai Politik di Kota Pekalongan serta tamu undangan lainnya.

Rangkaian peragaan yang dilakukan oleh personel Polres Pekalongan Kota, dalam simulasi tersebut terlihat beberapa kerawanan-kerawanan yang mungkin akan terjadi selama tahapan Pilkada.

Kapolres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah AKBP Ferry Sandy Sitepu mengatakan, simulasi bertujuan untuk melatih anggota dalam menghadapi kemungkinan kericuhan pada Pilkada Serentak 2018 di Kota Pekalongan.

Penyelengaraan kegiatan Sispamkota ini mewaspadai jika hal-hal tidak diinginkan terjadi, kita sudah siap menghadapi dan mengamankan gejolak yang terjadi di lapangan nantinya, terang Kapolres.

Kapolres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah AKBP Ferry Sandy Sitepu menambahkan, simulasi dilakukan untuk menyiapkan cara bertindak dalam menghadapi ancaman aksi massa saat Pilkada Serentak 2018 di Kota Pekalongan dalam menciptakan pilkada damai.

Meski kami tidak menghendaki apa yang terjadi saat disimulasikan, tapi setidaknya itu sebagai antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi pada saat Pilkada Serentak nantinya, Katanya.

Kapolres juga mengharapkan Pilkada Serentak 2018 di Kota Pekalongan ini berjalan dengan aman, damai, dan lancar. “Kita berharap Pilkada ini berjalan dengan aman, damai dan kondusif, tutupnya.(*)

banner 800x320