8900 Batang Rokok Ilegal Disita

oleh

PEKALONGAN – Gencarnya razia yang dilakukan oleh tim gabungan Satpol PP dan Bea Cukai/membuat peredaran rokok ilegal yang tidak dilengkapi pita cukai,  di wilayah Kota Pekalongan sepanjang tahun 2018, terpantau mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Kasi Penegakan Perda Satpol PP Nur Sobah ketika ditemui diruang kerjanya, Selasa (16/10) mengatakan, hingga  tahun 2018 ini, Satpol PP telah menertibkan sebanyak 8900 batang rokok ilegal di wilayahnya.

“ Dilihat dari jumlahnya tersebut sedikit mengalami penurunan, apabila dibandingkan dengan dari hasil razia rokok ilegal pada tahun 2017 lalu,  yang mencapai sekitar 32 ribu batang,”katanya.

Menurut Nur Sobah, hal itu disebabkan masyarakat setempat, dinilai sudah mulai sadar hukum. Dan mengerti bahwa menjual rokok ilegal merupakan tindakan melanggar undang-undang.

“ Dengan makin gencarnya kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh Satpol PP dan Bea Cukai. Ternyata bisa menekan beredarnya rokok ilegal ,” tandasnya.

Dari hasil razia yang dilakukan, pada Selasa (16/10) 2018,  di wilayah Kuripan, Kecamatan Pekalongan  Selatan. Tim gabungan Satpol PP dan Bea Cukai berhasil mengamankan, sebanyak  840 rokok ilegal yang tanpa cukai.

“ 840 rokok ilegal tanpa cukai tersebut, kami amankan dari dua lokasi toko kelontong di Kuripan,  pada toko pertama petugas mengamankan sebanyak  460 batang dan ditoko kedua 380 batang yang diamankan,” pungkasnya. (*)