3 Kelurahan Deklarasi Stop BAB “Sak Karepe”

PEKALONGAN – Tiga Kelurahan yakni Kelurahan Podosugih, Kelurahan Kauman dan Kelurahan Medono mendeklarasikan stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Deklarasi dibacakan Plt Lurah Medono Yuniarsih yang mewakili dari ketiga kelurahan tersebut saat upacara Hari Kesehatan Nasioanal (HKN) Ke 53, Senin (13/11) di Halaman RSUD Bendan Kota Pekalongan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto mengatakan untuk tahun ini masih tiga kelurahan yang mendeklarasikan stop BABS, namun secara bertahap pihaknya akan mendorong kelurahanya lainya untuk mengikuti sehingga pada tahun 2019 nanti semua kelurahan sudah komitmen untuk stop BABS. “ Secara keseluruhan masyarakat sudah menggunakan jamban untuk buang air besar yaitu sekitar 80 persen,” terangnya.

Langkah yang akan dilakukan untuk menakan angka BABS sembarangan Slamet Budiyanto menambahkan bahwa pihaknya akan bersinergi dengan instansi terkait dan melakukan Sosialisasi kepada masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.  “ Kami akan sinergikan dengan program instansi terkait antara lain dengan TMMD dan program rumah tidak layak huni dari Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Pekalongan,” tambahnya.

Slamet Budiyanto juga menghimbau kepada masyarakat untuk membuat jamban mandiri dan membiasakan hidup bersih dan sehat dengan membuang air besar di jamban “ Bagi Masyarakat yang mampu agar bisa membuat jamban sendiri di rumahnya masing-masing,” harapnya.

Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih menambahkan, dalam menangani BABS Pemerintah sudah membangun MCK komunal di setiap kelurahan namun masyarakat banyak yang lebih memilih untuk BAB di sungai atau jamban yang dibuat diatas sungai (helikopter). “ Inilah Promosi kesehatan harus terus dikampanyekan oleh semua stakeholder yang terkait kepada masyarakat agar kesadaran hidup bersih dan sehat timbul yaitu dengan tidak buang air besar sembarangan,” tuturnya.

Pada Upacara Hari Kesehatan Nasional Ke-53 selain deklaraasi Stop BABS juga dicanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Sekda bersama Kepala OPD secara bersama-sama memakan buah dan sayur. (*)

Please like and share..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*